Sejarah Sepatu Sneakers

Sejarah Sepatu Sneakers



Sejarah sepatu sneakers dimulai pada akhir abad ke-18 dengan munculnya sepatu Plimsolls. Sepatu ini terbuat dari bahan kanvas dan mempunyai sol karet tipis. Di Tahun 1917, Converse pertama kali membuat sepatu olahraga pada tahun 1924, kemudian Adi Dassler mendirikan Adidas dan memproduksi sepatu olahraga. Pada tahun 1924, Goodyear menciptakan sepatu dengan mencampur bahan dasar karet dengan kanvas yang lebih dikenal dengan sebutan keds.

 

Awalnya, sepatu sneakers diciptakan untuk olahraga skateboard. Namun, mulai tahun 1900-an, sepatu sneakers semakin banyak digemari oleh warga dunia hingga sekarang sneakers menjadi salah satu tren fashion yang populer dikalangan para remaja.

Nama sneakers berasal dari kata ‘sneak’ yang mempunyai arti mengendap-endap. Sehingga, orang yang menggunakan sepatu ini digambarkan dapat berjalan tanpa membuat suara bising.

 

Pada tahun 1950-an, yang awal mulanya sepatu sneakers adalah sepatu yang digunakan untuk olahraga namun menjadi sepatu yang digunakan juga oleh anak muda sebagai fashion. Hal tersebut dikarenakan pada saat itu anak muda menonton film Rebel ‘Without a Cause’ yang diperankan oleh James Dean ketika memakai sneakers.

 

Seiring perkembangan zaman, sneakers semakin berkembang dan memiliki berbagai macam jenis seperti high-top, low-top, slip-on, dan masih banyak lagi.

 

Salah satu merek sneakers yang terkenal adalah Adidas Superstar. Sejarah panjang sepatu terpopuler kedua Adidas ini dimulai pada awal 1960-an. Adidas superstar muncul sebagai sepatu basket low-top pertama dengan pelindung depan karet sehingga dapat meningkatkan ketahanan sepatu di lapangan. Pada tahun 2005, Adidas melakukan kolaborasi dengan 35 merek untuk menciptakan budaya disekitar sneakers.

 

Selain Adidas, ada juga merk Feiyue yang terkenal sebagai brand sepatu biksu Shaolin. Sepatu ini dibuat dengan menggunakan karet daur ulang dari ban bekas dan menjadi bahan pokok para pemain seni bela diri di Olimpiade Beijing 2008.

 

Sneakers tidak hanya menjadi trend fashion tetapi juga menjadi investasi bagi para kolektor. Beberapa sneakers termahal di dunia Nike Air Mag dan Air Jordan 12 Flu Game bisa mencapai harga yang fantastis per pasangnya.

 

Dalam perkembangannya, sneakers telah menjadi bagian dari budaya populer dan tren fashion yang tidak hanya digemari oleh anak muda tetapi juga oleh orang dewasa. Sejarah sepatu sneakers yang panjang menunjukan bahwa sneakers telah mengalami banyak perubahan dan inovasi dalam desain dan teknologi sehingga tetap relevan hingga saat ini.




Comments

Popular posts from this blog

Cara Gratis dan Efektif Tambah Followers Instagram

Cool Storage - Menjaga Kesegaran dan Kualitas Produk dengan Lebih Baik

Cara Melihat Insight TikTok buat Tingkatkan Engagement Akun